Selasa, 14 Februari 2017

5 Cara Memilih Travel Umroh

5 Cara Memilih Travel Umroh


cara memilih travel umroh Ada 5 Cara Memilih Travel Umroh yang disarankan oleh Menteri Agama terkait maraknya penyelenggara umroh nakal. Bagaimana cara mengetahui travel umroh yang memiliki ijin resmi dari pemerintah ?, karena begitu banyak sekali biro umroh yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, jangan sampai kita tertipu, rugi materiil, waktu dan tenaga.

1. Pastikan sudah terdaftar dan Resmi Kementrian Agama

Ini yang nomor satu yang harus dicek saat awal memilih travel umroh. Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh atau disingkat PPIU harus terdaftar dan mengantongi ijin dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Berhati hatilah bila ternyata agen yang anda pilih belum terdaftar, daripada beresiko lebih baik jangan pilih, karena masih banyak travel resmi yang lain.

Lalu bagaimana cara cek resmi atau tidaknya ?

Ada 2 cara, yang pertama datang langsung ke departemen agama setempat didaerah teman muslim masing masing, kemudian tanyakan kepada petugas disana daftar PPIU yang resmi.

Cara yang kedua yaitu akses internet dan buka website resmi kementrian agama http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu


Setelah muncul tampilan websitenya seperti dibawah, lalu cari dan cek apakah travel umroh teman muslim ada atau tidak dalam daftar ini. Bila tidak ada itu artinya belum terdaftar dan tidak memiliki ijin resmi kemenag

2. Jadwal Keberangkatan Yang Pasti

Sesungguhnya setiap travel umroh telah mendapatkan quota VISA untuk setiap tanggal keberangkatan. Berdasarkan quota visa itulah maka biro memberanikan diri untuk membeli / booking seat tiket pesawat PP, detail mulai dari nama maskapai, tanggal dan jam keberangkatan dari bandara asal dan tujuannya.

Jadi aneh kalau sebuah PPUI mengeluarkan paket umroh namun tidak bisa memberikan tanggal & hari keberangkatan umroh. Rata rata yang acap kali ditemukan, hanya memberikan bulannya saja dan perkiraan maskapai yang akan digunakan.

3. Pastikan Paket Biaya Umroh

Biaya Umroh yang dikenakan harus wajar dan pastikan apa saja fasilitas yang diberikan. Pastikan berapa harga paket umrah, dan pastikan apa saja pelayanan yg didapat jamaah dengan biaya umrohnya.

4. Nama Hotel dan Lokasi

Cek nama hotel, lokasinya dan jarak ke masjid (masjidil haram maupun masjid Nabawi). Bila memungkinkan cek apakah benar hotel tersebut telah sesuai antaran paket yg ditawarkan dengan rate bintang hotelnya.

5. VISA

Pastikan kembali visa umrohnya. Konfirmasi ke PPUI nya perihal status VISA yang akan didapat dari pememrintah Arab Saudi.

Cermat dalam hal cara memilih travel umroh merupakan kunci suksesnya keberangkatan dan kepulangan para jamaah. Pilihlah travel umroh resmi dan memiliki izin dari pemerintah (departemen Agama), ujar Abdul Jamil Direktur Jendral Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag pada sebuah kesempatan sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar